Pernahkah Anda kesulitan memproses informasi yang Anda terima?

Mungkinkah hal ini menimbulkan kesalahpahaman sebab informasi yang ada tidak disampaikan dengan cara yang baik?

Apakah hal tersebut mempersulit dan menghambat kinerja Anda di tempat kerja?

Pat Bosworth (2021) dalam artikel “The Power of Good Communication in the Workplace” mengatakan bahwa komunikasi merupakan skillpenting yang harus dimiliki seseorang apabila berada di berbagai lingkungan yang melibatkan interaksi manusia, dengan kata lain hampir di semua tempat bukan? Maka dari itu komunikasi yang baik dapat kita simpulkan sebagai elemen esensial yang menentukan kesuksesan bisnis.

Kita sama-sama setuju bahwa komunikasi bukan sekedar alat bertukar informasi dan media pelerai konflik. Lebih dari itu, komunikasi adalah faktor penting dari keterjagaan hubungan dengan klien; profitabilitas; efektivitas tim; dan keterlibatan anggota tim.

Lalu bagaimana berkomunikasi secara efektif menggunakan Lumina?

Dalam Lumina, komunikasi yang baik juga bergantung pada ciri khas kepribadian masing-masing individu. Sebab gaya komunikasi tidak lepas dari preferensi seseorang yang dipengaruhi oleh pengalaman serta tujuan yang mereka miliki secara pribadi. Meski begitu, memahami gaya komunikasi setiap orang adalah bentuk rasa hormat yang kita miliki terhadap keberagaman di tempat kerja. Hal ini berangkat dari kesadaran bahwa setiap orang adalah individu yang unik dengan karakteristik kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lain. Kesadaran seperti ini akan mengantarkan kita pada pemahaman tentang pentingnya mengerti gaya berkomunikasi masing-masing pihak untuk menciptakan alur komunikasi yang efektif (Desson, 2021).

 

4 Keuntungan dari komunikasi yang baik di dunia kerja.

Apabila kita bicara tentang cara-cara yang baik dan benar, tentu kita mengharapkan cara-cara tersebut memberikan hasil yang baik dan benar pula. Komunikasi juga begitu, metode berkomunikasi yang efektif tentu akan menghasilkan keuntungan bagi individu, tim, serta organisasi. Adapun keuntungan-keuntungan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Komunikasi yang baik melerai konflik

Komunikasi biasanya menjadi faktor yang mendasari terjadinya konflik, hal ini menjadi penyebab yang berdiri sendiri di luar dari masalah-masalah lain yang timbul di dalam sebuah kelompok/organisasi. Bentuk-bentuk konflik yang mungkin Anda temui ketika komunikasi tidak berjalan efektif adalah:

  1. Kesalahpahaman / merasa disalahpahami
  2. Tidak memahami bagaimana gaya komunikasi orang lain
  3. Merasa kebutuhan secara emosional tidak dipenuhi atau diabaikan

Meskipun seseorang merasa telah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, ketika lawan bicara mereka memiliki gaya komunikasi yang berbeda maka akan selalu ada kemungkinan terjadinya kesalahpahaman.

Saat seseorang gagal memahami gaya komunikasi suatu tim atau individu, sering kali hal itu menyebabkan kesalahan dalam menginterpretasikan dan menyampaikan informasi sesuai dengan gaya bahasa mereka sendiri. Sebab itu penting untuk mempertimbangkan pola komunikasi yang dimiliki oleh orang yang menerima informasi tertentu. Belum lagi ketika anggota tim tidak merasa dihargai, merasa dimanfaatkan dalam artian yang negatif, atau – lebih buruk lagi – merasa diabaikan. Perasaan-perasaan seperti itu dapat mengarah pada suasana yang menegangkan di dalam tim.

Kejadian-kejadian yang dapat mengarah ke timbulnya konflik dapat ditanggulangi dengan Lumina Spark. Stewart Desson (2021), CEO Lumina Learning mengatakan bahwa Lumina menggunakan pendekatan yang humanistik dan melihat setiap individu sebagai “human being” daripada sekedar “human doing”, tentu hal tersebut memungkinkan setiap orang lebih mempertimbangkan kebutuhan anggota tim lainnya serta tidak malu untuk menyampaikan kebutuhan mereka juga.

2. Komunikasi yang baik meningkatkan keterlibatan anggota tim.

Membangun koneksi yang mendalam dengan orang lain merupakan salah satu keuntungan dari memiliki alur komunikasi yang efektif. Koneksi yang mendalam ini akan meningkatkan rasa keterlibatan seseorang di dalam tim. Anggota tim yang lebih melibatkan diri dalam pekerjaannya mampu berjalan searah sesuai dengan tujuan tim.

Setelah memahami diri sendiri, dan memiliki kesadaran bahwa orang lain mempunyai kebutuhan yang berbeda, kini saatnya untuk membangun hubungan baik yang dapat membuat anggota tim lebih nyaman dalam berinisiatif untuk terlibat lebih jauh pada apa yang mereka kerjakan. Hal ini sejalan dengan “building rapport” sebagai urutan ketiga dari piramida  prinsip dasar Lumina.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang prinsip-prinsip dasar Lumina, kamu bisa mengunjungi https://www.linkedin.com/pulse/kopi-pukul-6-pagi-sebuah-renungan-tentang-gaya-

3. Komunikasi yang lebih baik menciptakan hubungan dengan klien yang lebih baik.

Building rapport tidak hanya berlaku pada sesama kolega, membangun suasana yang hangat dengan klien juga merupakan kunci dari kesuksesan bisnis. Dalam hal ini komunikasi bisa menjadi alat yang digunakan untuk memahami kebutuhan klien, menyelesaikan konflik yang dialami oleh klien, serta menyampaikan informasi baru dengan cara yang dapat diterima klien.

4. Komunikasi yang baik mendorong anggota tim untuk menjadi lebih produktif dan mengembangkan talentanya.

Puncak dari hirarki piramida prinsip dasar Lumina adalah co-creating result, hal ini berarti menciptakan lingkungan kerja yang mendorong produktivitas yang positif. Setelah membangun suasana yang baik dan meningkatkan keterlibatan anggota tim, kita dapat bergerak untuk menciptakan lingkungan yang produktif dan mendorong masing-masing individu mengembangkan talentanya, untuk mencapai hal itu kita dapat melakukan beberapa cara berikut yang dikemukakan oleh Bosworth (2021):

  1. Memahami talenta tim dan skill mereka.
  2. Menstimulasi inisiatif anggota tim untuk berpartisipasi.
  3. Menciptakan suasana yang aman dan nyaman untuk berinovasi dan mengekspresikan gagasan-gagasan yang kreatif. Hal ini dapat membuat setiap individu dalam tim semakin tangguh ketika menghadapi tantangan serta mengasah kemampuan mereka untuk mencari pemecahan masalah yang solutif.
  4. Mengambil keputusan yang strategis sesuai dengan informasi yang kita terima tentang kemampuan masing-masing orang dalam tim. Komunikasi dalam tim dapat menghadirkan wawasan yang sangat berguna tentang seseorang secara komprehensif, tentu hal ini akan berguna ketika kita harus mengatur strategi saat mendelegasikan tugas, pengembangan diri, pengembangan tim, dan inisiatif yang dapat mendorong kesuksesan bisnis.

Hingga sampai sini ini kita sepakat bahwa komunikasi tidak hanya tentang mempresentasikan informasi dan gagasan secara singkat juga akurat. Komunikasi pun tidak hanya tentang melerai konflik atau menciptakan lingkungan tim yang positif saja. Lebih dari itu, komunikasi merupakan bagian terpenting dari keberhasilan suatu proses bisnis dari hubungan dengan klien, pengembangan tim dan individu, merepresentasikan budaya perusahaan, mendorong keterlibatan dan partisipasi aktif dari anggota tim serta pemikiran yang inovatif.

Hal ini berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip Lumina, tentang bagaimana kita mampu memahami diri sendiri, sebelum memahami bagaimana orang lain memiliki preferensi dan tujuannya masing-masing ketika berkomunikasi. Dengan begitu Anda akan mengerti cara paling baik untuk membangun suasana kerja dengan komunikasi yang nyaman dan aman bagi semua pihak, serta membentuk kolaborasi yang aktif dan inklusif untuk semua perbedaan yang ada di tempat kerja.

Di lain kesempatan kita akan membahas lebih banyak tentang inklusifitas di dalam organisasi. Nantikan tulisan kami selanjutnya!

Silahkan share artikel ini ya…

Jangan lupa ikuti Linkedin https://www.linkedin.com/company/lumina-learning-indonesia dan Instagram @luminalearningindonesia

sumber:

Desson, S. (2021, November 12). Dr Stewart Desson on what makes lumina spark different. Lumina Learning. Retrieved March 23, 2022, from https://luminalearning.com/dr-stewart-desson-on-what-makes-lumina-spark-different/

Bosworth, P. (2021, May 19). The power of good communication in the Workplace. Leadership Choice. Retrieved March 16, 2022, from https://leadershipchoice.com/power-good-communication-workplace/


Get in touch with us

Find out how we can help you to improve your business.