Memberikan respon yang sehat dapat memberikan kesan bahwa sebuah percakapan berjalan dengan penuh rasa empati, kehangatan, dan pengertian.
Ada banyak tipe-tipe respon yang bisa menjadi pilihan ketika ingin menanggapi secara tepat, berikut ini adalah beberapa di antaranya:
1. Understanding
Rasa ingin memahami ketika berada dalam sebuah percakapan adalah wujud perilaku yang empatik. Artinya ketika Anda menyesuaikan diri dengan apa yang dirasakan oleh lawan bicara, saat itu juga kita sedang memaknai percakapan lebih dari sekedar kata-kata yang terucap.
Memberikan perhatian pada perasaan orang lain memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk mengenali lawan bicara sebagai individu berbeda. Hal ini dapat menjadi strategi untuk keluar dari kesalahpahaman.
Pasalnya, mengetahui dari mana seseorang “berangkat” dan situasi apa yang tengah mereka hadapi dapat memberikan Anda sebuah sudut pandang baru yang bisa menjadi pertimmbangan ketika harus mengambil sebuah keputusan.
2. Clarification
Memastikan kembali informasi atau fakta yang diberikan oleh lawan bicara adalah salah satu strategi yang bisa Anda gunakan untuk memberikan respon yang efektif. Hal ini mengindikasikan niatan Anda untuk memahami apa yang dikatakan oleh orang lain, atau mengidentifikasi perasaan yang muncul paling signifikan dari lawan bicara Anda.
Bagi Anda yang nyaman untuk berkomunikasi berdasarkan data dan bukti nyata, maka klarifikasi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dengan begini Anda dapat memastikan apakah informasi yang Anda terima akurat atau tidak.
3. Self-disclosure
Menjadi terbuka dengan mengungkapkan siapa Anda, dapat memberi kesan bahwa Anda memiliki keinginan untuk berbagi tentang sesuatu dari diri Anda. Seperti kepercayaan, sikap, nilai atau pengalaman Anda di masa lalu.
Mengungkapkan diri sendiri berguna untuk membangun koneksi dengan orang lain yang memiliki pertimbangan atau masalah serupa. Tentu berbagi pengalaman yang sama dapat mengurangi kecemasan dengan mengingatkan sesama bahwa kita tidak sendirian.
Namun, strategi memberikan respon seperti ini sebaiknya digunakan secara tepat. Sebab terus-menerus menggunakannya dapat membuat arah percakapan menjadi fokus di orang yang salah.
Secara khusus Covey bahkan menaruh kemampuan untuk mendengarkan sebagai salah satu dari 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif, yaitu kebiasaan untuk mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti (Seek First To Understand, Then To Be Understood).
Namun hal yang paling penting dari respon yang Anda berikan adalah cara Anda memberikan perhatian pada pertimbangan dan permasalahan yang ada, dengan kata lain, menjadi pendengar yang baik.


Get in touch with us

Find out how we can help you to improve your business.